Menjaga kebersihan area kewanitaan sangatlah penting untuk dilakukan sebab bagian ini sangatlah sensitif. Anda harus mengetahui bagaimana cara merawat Miss V yang tepat agar tetap sehat dan bersih. Jangan sampai Anda merasa tidak nyaman karena Miss V mengalami iritasi atau penyakit lainnya. Lalu, apa saja cara merawat Miss V yang tepat? Simak penjelasan berikut hingga habis, ya.

1. Menerapkan Pola Hidup yang Sehat

Cara merawat miss V yang pertama adalah dengan menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, dengan melakukan pola hidup sehat juga baik untuk organ seksual Anda. Konsumsi makanan yang bergizi, olahraga secara rutin dan istirahat yang cukup bisa menghindari penyakit yang bisa menyebabkan penyakit pada Miss V. Diabetes misalnya yang meningkatkan infeksi jamur dan infeksi saluran kemih (ISK) pada wanita.

2. Menggunakan Produk Pembersih Khusus 

Semua wanita tahu bahwa Miss V bisa membersihkan dirinya lewat proses keputihan setiap bulannya. Namun, bukan berarti hal tersebut menghalangi Anda untuk menggunakan produk sabun pembersih kewanitaan.

Pasalnya, jenis produk ini bisa membantu Anda merawat area Miss V agar terhindar dari keputihan berlebih, rasa gatal pada miss V, bakteri penyebab bau tak sedap, dan penyakit kelamin.  Misalnya, Anda bisa menggunakan berbagai pembersih vagina yang aman dari Andalan seperti Fresh Intimate Wash, Natural White Intimate Wash, dan Revitalize Intimate Wash. 

Bagi Anda yang menginginkan produk pembersih praktis bisa menggunakan Fresh Intimate Wipes Andalan yang bisa menjaga kebersihan dan menyegarkan Miss V kapan pun dan di mana pun karena ada kandungan ekstrak sirih, lactic acid dan peppermint di dalamnya.

3. Gunakan Pakaian Dalam yang Nyaman

Cara merawat Miss V selanjutnya adalah dengan memerhatikan pakaian untuk sehari-hari. Tidak baik menggunakan pakaian ketat seperti celana ketat ataupun stocking terlalu lama. Tipe pakaian ini bisa meningkatkan kelembaban di area kewanitaan, risiko pertumbuhan jamur dan bakteri, serta mempermudah iritasi pada area Miss V. Sebagai solusinya, gunakan celana berbahan katun yang mudah menyerap keringat.

4. Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Seks

Saat Anda berhubungan seks, terkadang bakteri (pasangan Anda atau Anda sendiri) masuk ke dalam uretra. Dengan mengosongkan kandung kemih sepenuhnya setelah berhubungan seks, Anda membuang bakteri tersebut dari uretra. Hal ini bisa mencegah terjadinya infeksi kandung kemih.

5. Jangan Cukur Habis Rambut Kemaluan

Cara merawat Miss V selanjutnya adalah jangan mencukur habis rambut kemaluan dan tidak bisa dilakukan dengan sembarang sebab rambut ini bisa mencegah masuknya bakteri, kotoran, gesekan, atau keringat ke dalam Miss V. Sebelum mencukur rambut, pastikan Anda sudah membasuhnya dengan air lalu oleskan krim cukur agar tidak terjadi iritasi. Jangan cukur rambut kemaluan hingga habis, ya.

6. Hindari Teknik Douching!

Menurut American College of Obstetrics and Gynecology bahwa wanita tidak boleh menggunakan teknik douching karena dapat menghilangkan bakteri baik pada Miss V. Alhasil, keseimbangan pH jadi berubah, memungkinkan bakteri jahat berkembang biak dan terjadi infeksi pada Miss V.

7. Gunakan Pelumas Saat Berhubungan Seks

Ada kalanya Miss V gagal menghasilkan pelumas yang cukup, sehingga membuatnya terlalu kering dan menyakitkan saat melakukan penetrasi. Selain menggunakan kontrasepsi, cara merawat Miss V yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan pelumas saat berhubungan seks. Pelumas bisa menjaga Miss V tetap lembab dan mencegah terjadinya iritasi.

8. Rutin Cek ke Dokter Kandungan

Cara merawat Miss V terakhir yang tak bisa Anda lewati adalah melakukan pemeriksaan ke dokter secara teratur. Setidaknya, wanita berusia 21-29 tahun harus rutin mengunjungi dokter kandungan setahun sekali untuk mendapatkan Pap smear (deteksi kanker leher rahim atau serviks). Sementara, wanita yang berusia 30-64 tahun umumnya harus mengunjungi dokter kandungan setiap 2 tahun sekali untuk mendapatkan mammogram. Anda bisa berkonsultasi seputar kesehatan seksual di DKT Indonesia.

Itulah paparan 8 cara tepat merawat Miss V Anda agar selalu segar, sehat dan tentunya bersih. Yuk, jaga area kewanitaan Anda mulai sekarang!

Berita & Artikel Lain

Berita & Artikel Lain