Sering Lupa Minum Pil KB? Ini Solusinya

Meskipun telah tersedia berbagai pilihan alat kontrasepsi untuk wanita, namun pil KB tetap menjadi pilihan kebanyakan wanita. Menurut penelitian, konsumsi pil KB bisa efektif sampai 99 persen. Tapi efektivitasnya bisa turun menjadi sekitar 91 persen, karena satu alasan utama yaitu karena tidak meminumnya secara konsisten, setiap hari, pada waktu yang sama.

Namun sifat lupa sangat umum dimiliki oleh manusia. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Popit pada tahun 2016, hampir 80% wanita lupa minum pil KB setidaknya sekali dalam 12 bulan terakhir. Gaya hidup yang serba cepat dan sibuk membuat keharusan meminum pil KB setiap hari seringkali terabaikan, sehingga program untuk mengatur kehamilan pun menjadi tersendat-sendat.

Supaya Anda agar tidak sering lupa meminum pil KB, berikut kami susun tips yang dapat membantu Anda agar selalu ingat meminum pil KB rutin setiap harinya. Silahkan disimak.

1.Pasang aplikasi pengingat di ponsel

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah memasang aplikasi pengingat di ponsel Anda. Setel alarm harian di jam tertentu. Jangan lupa untuk menyiapkan dua alarm untuk berjaga-jaga, yang lainnya disetel sekitar 15-20 menit kemudian.
Aplikasi tersebut sebaiknya tidak hanya berupa alarm untuk mengingatkan kapan Anda seharusnya minum pil saja, namun juga aplikasi yang juga memiliki fitur melacak jadwal menstruasi Anda setiap bulannya, serta menyediakan data periode subur dan semua hal yang berhubungan dengan menstruasi.

2.Buatlah pengingat visual yang bisa Anda lihat

Selain memasang aplikasi pengingat di ponsel, Anda juga bisa membuat pengingat visual yang bisa Anda lihat setiap hari. Anda bisa menggunakan kertas Post-It, tulis kalimat pengingat Anda kemudian tempelkan di tempat-tempat yang bisa, seperti di meja samping tempat tidur, di pintu kulkas, di pintu lemari baju, di cermin, dan lain-lain.

3.Taruh pil KB di tempat yang mudah terlihat

Selain menempelkan pengingat visual, Anda juga sebaiknya menempatkan paket pil KB di tempat-tempat yang mudah terlihat. Misalnya di sebelah sikat gigi, di meja tempat Anda meletakkan ponsel, di meja makan dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda akan selalu teringat untuk mengkonsumsinya.

4.Jadikan sebagai bagian dari rutinitas Anda sehari-hari

Agar tidak terlupa, jadikan aktivitas meminum pil KB sebagai bagian dari rutinitas atau atau kebiasaan Anda sehari-hari. Tambahkan jadwal meminum pil KB setelah melakukan aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari dan tidak pernah Anda tinggalkan setiap harinya.
Misalnya jika setiap pagi menyikat gigi, maka buatlah jadwal meminum pil KB setelah menyikat gigi. Atau jika sebelum tidur di malam hari Anda rutin membersihkan muka, maka buatlah jadwal meminum pil KB setelahnya dan lain sebagainya.

5.Taruh pil KB di dompet Anda

Jika Anda adalah orang yang sering bepergian dan mempunyai mobilitas tinggi, sebaiknya Anda berjaga-jaga dengan menaruh beberapa butir pil KB di dompet Anda. Dompet merupakan benda yang selalu dibawa kemanapun pergi, sehingga bisa meminimalisir kemungkinan terlupa. Dengan demikian, Anda bisa mengkonsumsinya dimanapun sesuai jadwal.

6.Tandai dengan memberi centang

Tips selanjutnya yang efektif adalah dengan membuat buku agenda dan menandai dengan memberi centang jika Anda sudah meminum pil KB. Mungkin cara ini agak kuno, namun tindakan menulis bisa membuat Anda mengingat lebih baik.
Meskipun sudah memasang pengingat di ponsel, namun ponsel seringkali dibanjiri dengan chat, interaksi di media sosial, dokumen pekerjaan, berita dan banyak lagi sehingga membuat perhatian Anda teralihkan. Karena itu, pertimbangkan untuk menulis dan menandainya di buku agenda.

Demikian tips-tips yang bisa Anda lakukan agar tidak lupa meminum pil KB. Memang terkadang keharusan mengkonsumsi pil KB setiap hari bisa menjadi beban tersendiri bagi sebagian wanita. Agar hal tersebut tidak menjadi beban, Anda bisa memberikan sugesti pada diri sendiri dengan mengingat manfaat yang Anda dapatkan dengan meminum pil KB.

Apalagi jika pil KB yang Anda konsumsi memiliki manfaat lain selain mengatur kehamilan seperti halnya pil KB Andalan FE. Dengan kandungan zat besi pada pil warna putih membantu mengatasi gejala anemia yang dapat muncul pada saat menstruasi.

Selain itu pil KB Andalan FE menawarkan sejumlah manfaat lain seperti membuat siklus haid menjadi teratur, menjaga berat badan tetap stabil, mengurangi resiko kanker rahim, dan mengurangi rasa nyeri saat datang bulan. Dengan meminum pil KB Andalan FE, tujuan mencegah kehamilan tercapai, badan sehat dan bugar pun ikut didapat.

Berita & Artikel Lain

Berita & Artikel Lain